Friday, August 19, 2016

Kembali

Saya tidak menyangka blog yang saya mulai tahun 2013 ini ada yang membaca. Terima kasih sekali sudah mampir. Karena anda semua, saya jadi semangat mau mulai menulis lagi tentang kehidupan saya di Kanada.
Well, harus mulai dari mana ya? Sejak tulisan terakhir tentang Ramadhan di Kanada, saya hampir lupa saya ngapain aja, hahaha..... Ah, sepertinya waktu itu saya mulai sibuk jadi relawan di NGO lokal bernama Regina Immigrant Women Centre, juga dengan pekerjaan online sebagai freelance translator dan data entry. Kemudian pertengahan tahun 2014 saya hamil dan berhenti jadi relawan, tapi masih lanjut sebagai freelancer. Semua kesibukan itu membuat saya tidak lagi ingat untuk berbagi melalui blog ini. Setelah punya anak cowok yang sekarang berumur 19 bulan dan super aktif, saya masih belum kepikiran untuk menulis lagi. Sampai beberapa hari yang lalu ada 2 email dari 2 orang yang mengaku membaca blog ini. Wah, saya jadi malu bercampur senang. Baiklah, mulai sekarang saya akan berusaha meluangkan waktu lagi untuk berbagi kisah tinggal di Kanada. Tunggu yaa.....

33 comments:

  1. assalamualaikum...mbak tulis yg banyak kisahnya hidup dikanada,akhir-akhir ini saya sering searching di internet tentang oruang-orang dan hidup di kanada,karena saya punya kenalan gadis cantik banget asal kanada yg baru saja saya kenal di media sosial,baru kenal seminggu dia ngebet ingin ke indonesia untuk ketemu saya,karena dia serius untuk mengajak menikah,sebenarnya perilaku dan karakter gadis/cewek kanada secara umum itu gimana,sementara yg saya rasakan walau melalui chating/skype dia anaknya ramah banget saya agak heran juga nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah mampir. Secara umum orang Kanada yg saya kenal di Regina ya ramah2, cewek maupun cowok. Tapi klo ada yg serius mau ngajak nikah yaa padahal baru kenal ya sy ga tau deh, hehehe

      Delete
  2. Ka,boleh tanya2 tentang kanada gag??

    ReplyDelete
  3. Ka,boleh tanya2 tentang kanada gag??

    ReplyDelete
  4. Hello! Salam kenal.. saya orang indo yg sekarang tinggal di brazil. Saya tertarik utk mencoba hidup di kanada, tepatnya di Vancouver. Saya mau tanya apakah ada komunitas orang indonesia di Vancouver? Terima kasih banyak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Christine, terima kasih sudah mampir. Setahu saya ada cukup banyak orang Indonesia di Vancouver. Ada kantor konsulat RI juga di sana. Saya suka Vancouver krn cuacanya paling ramah diantara kota2 lain yg pernah sy kunjungi di Kanada. Sayangnya biaya hidup di Vancouver paling tinggi se-Kanada.

      Delete
  5. semoga sering di update blog nya

    ReplyDelete
  6. hai mbak ita, saya berencana bekerja disana, bagaimana saya bisa bekerja disana?

    ReplyDelete
  7. Saya bersama istri dan anak 1 dibawah balita punya rencana untuk menjadi imigrant di kanada tepatnya di quebec. Pekerjaan saya terakhir adalah seorang it auditor di bank; punya kemampuan membuat program komputer dan istri saya punya keahlian baker dan indonesia traditional cake (punya usaha). Menurut mbak Ita ada kesulitan tidak dengan peluang kerja di Quebec dikaitan dengan skill yang kita miliki ?; trims perhatiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo pak Diar,

      Mohon maaf sekali karena saya tidak tahu banyak tentang Quebec, selain bahwa disana bahasa utama adalah bahasa Perancis. Jadi yang paling penting adalah bapak punya skill Bahasa Perancis (Canadian French) selain bahasa Inggris. Untuk skill & pengalaman kerja apakah bisa diterima atau tidak, sy tidak tahu. Di provinsi tempat saya tinggal (Saskatchewan), ijazah & pengalaman kerja dari Indonesia tidak diakui. Harus sekolah lagi minimal ambil GED yg setara SMA.

      Delete
  8. saya tunggu infonya di diarwidiarto@gmail.com; trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca komen saya diatas. Thanks sudah mampir di blog saya :)

      Delete
  9. Hi mba Ita..salam kenal, seneng nemu blog nya mba..krn sbntr lg sy akan ikut suami sy yg sdh dpt PR Canada sjk thn lalu, dan saat ini sy sdg menunggu proses cuti diluar tanggungan negara krn sy pns. Thn lalu bln Okt sy sdh berkunjung ke Canada berdua putri saya, sekalian utk proses PR card kami berdua. Oh ya..suami sy stay & bekerja di fort saskatchewan Alberta..insya Allah bila semuanya lancar, kami brkt menuju Canada di akhir April..semoga nanti setelah sy sampai kita bs keep silaturahim ya mba..mengingat kmrn wkt Okt berkunjung, sy blm menemukan sesama org Indonesia sama sekali..salam, winny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba Winny, terima kasih sudah mampir. Apakah sudah berada di Kanada saat ini?

      Delete
  10. Hallo mbak..saya ingin tanya2 mengenai canada dengan kakak, karena saya ada rencana utk lanjutkan skolah kesana? Say bisa minta alamat email/contact mbak yg lain tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal. Terima kasih sudah mampir. Mau tanya tentang apa ya? Saya bisa dikontak melalui blog ini koq :)

      Delete
  11. Hi mbak salam kenal, mau request dong.. boleh ceritain pengalaman saat apply visa Canada nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal. Terima kasih sudah mampir. Untuk apply visa kunjungan ke Kanada, Silahkan kunjungi website VFS Global di http://www.vfsglobal.ca/Canada/Indonesia/introduction.html
      Kalau semua persyaratan dan dokumen yang diminta dipenuhi, visa bisa selesai dalam 2 minggu.

      Delete
  12. Hi, mbak ita . First, salam kenal yaa. Aku banyak bgt mau tanya2 sama mbak ita. Aku tertarik bgt untuk tinggal dan cari kerja di toronto, aku sih skrg masih kerja sebagai personal banker di Indonesia. Memungkinkan gak ya kalo aku bisa dpt kerja profesional jg disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga. Terima kasih sudah mampir. Untuk skill & pengalaman kerja dari Indonesia apakah bisa diterima atau tidak, sy tidak tahu karena belum pernah ke Toronto, yang setahu saya salah satu kota dgn biaya hidup termahal. Di provinsi tempat saya tinggal (Saskatchewan), ijazah & pengalaman kerja dari Indonesia tidak diakui. Harus sekolah lagi minimal ambil GED yg setara SMA.

      Delete
  13. Halo mba ita, Salam kenal, saya ulfa, berencana untuk menetap di Vancouver dengan Calon suami saya setelah menikah. Apa kah ada komunitas org Indonesia di Vancouver ya mba? Mohon info nya, Terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ulfa. Terima kasih sudah mampir. Saya tidak tahu banyak tentang Vancouver karena saya dan keluarga menetap di kota Regina, provinsi Saskatchewan. Di Vancouver ada kantor Konsulat Jendral RI, jadi pasti ada cukup banyak orang Indonesia disana :)

      Delete
  14. Hai salam kenal mba ita..
    Sy dan suami berencana bekerja dan tinggal di sana..sayangnya kami masih bingung karena belum ada teman atau orang indonesia yg kenal disana..padahal dari dulu sekali kami ingin pindah kesana hiks...

    ReplyDelete
  15. Halo, salam kenal..
    Tolong tanya, kalau saya cuma punya skill salon seperti cutting dll, apakah bisa utk apply pekerjaan disana?
    Saya cuma lulusan smp sih, tp saya langsung usaha sendiri uda jalan 10 th..
    Saya mau apply pr di canada, cuma saya skrg msh proses bahasa perancis dan inggris..
    Apakah hrs test ielts syaratnya ?
    Thx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Terima kasih sudah mampir :) Silahkan coba program Express Entry untuk pekerja terampil di website resmi http://www.cic.gc.ca/english/immigrate/skilled/index.asp atau kalau berminat ke provinsi Quebec di http://www.immigration-quebec.gouv.qc.ca/en/

      Delete
  16. Halo mbak..salam kenal..setelah membaca blognya mbak...he..he..ada media buat chat dengan mbak? Banyak hal yg ingin sy tanyakan tentang kota dimana mbak tinggal saat ini..mohon konfirmasinya..😁😁😁

    ReplyDelete
  17. maklumat yg baik.. terus menulis yeah sis..
    muga sukses sis..
    salam dari malaysia

    ReplyDelete
  18. Hai2 mbak rosie, update lg dong blognya.. aku kebetulan lg mulai kulik2 info soal hjdup di kanada...
    Mbak, disana kalo dpt kerjaan freelance aja bisa gak ya? Atau ngo lokalan sana? Sy usia 30thn, self employed, jd g pnya pengalaman kerja perusahaan resmi sampe setua ini :(

    -izzy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Izzy, terima kasih sudah mampir. Saya sampai sekarang juga masih freelancer, tapi karena menetap di Kanada jadi wajib bayar pajak meskipun freelancer (sy dpt kerjaan lwt upwork.com). Harus punya izin tinggal yaa untuk bisa kerja di Kanada.

      Delete
  19. ka jika lulusan sma bisa kerja gak di kanada ?

    ReplyDelete