Sunday, February 10, 2013

Pindah ke Kanada

Enam tahun yang lalu, meninggalkan Indonesia untuk menetap di negara lain apalagi yang sejauh Kanada tidak pernah sedikitpun terbersit di benak saya. Saat itu saya baru memulai karir sebagai pekerja NGO, punya segudang mimpi untuk sukses dan bisa mewujudkan cita-cita untuk jalan-jalan keliling dunia. Yah, pengen jalan-jalan aja, abis itu pulang ke negeri tercinta. Saya terlalu cinta Indonesia untuk kepikiran mau meninggalkannya dan menetap di negara asing. Saya merasa negeri kita sudah punya semuanya, yang baik-baik maupun yang tidak baik. Tidak ada yang sempurna di dunia ini, jadi apapun kata orang saya tetap cinta Indonesia.

Tapi satu keputusan paling penting dalam hidup saya mengubah semuanya. Di awal tahun 2012, saya dilamar oleh seorang pria berkebangsaan Kanada yang sudah saya kenal selama hampir lima tahun. Sebelum mengambil keputusan, saya banyak berpikir, termasuk dimana kami akan menetap. Dia pegawai tetap di sebuah BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi di Kanada. Sementara saya sedang menikmati bekerja di sebuah NGO asal Belanda yang bergerak dibidang energi terbarukan. Gaji pun lebih dari lumayan untuk ukuran orang Indonesia. Jadi kami banyak berdiskusi soal rencana setelah menikah. Kami pun membatasi pilihan antara menikah dan tinggal bersama dengan konsekuensi salah satu harus berkorban melepaskan pekerjaan, atau tidak ada pernikahan sama sekali. Tentu saja kami memilih yang pertama, tapi siapa yang harus berkorban? Singkat cerita, akhirnya saya menerima lamarannya setelah sepakat bahwa saya akan keluar dari pekerjaan saya dan ikut suami ke Kanada. Pertimbangan utama kami tentu saja karena dia punya pekerjaan tetap, sementara saya seperti nomaden, pindah dari satu NGO ke NGO lain dengan ketidakpastian masa depan. Hal lainnya adalah, dia sudah pernah tinggal di Indonesia selama satu tahun, jadi sudah punya pengalaman lah soal negeri ini. Sementara saya baru sekali ke Kanada, itupun hanya jalan-jalan singkat. Jadi akan menjadi petualangan yang sangat menantang bagi saya untuk mencoba menetap di Kanada yang segalanya berbeda dengan Indonesia. Trust me when i say, pengalaman jalan-jalan sangat jauh berbeda dengan menetap, dimana kita harus hidup dan belajar mengenai budaya, menyesuaikan diri dengan cuaca, dan yang paling penting, selera makan juga harus berubah.

Akhirnya, kami menikah pada bulan Mei 2012. Tiga hari setelah menikah, suami saya, Al, kembali ke Kanada. Sementara saya masih tinggal untuk mengurus visa dan resign dari pekerjaan saya. Alhamdulillah permohonan visa saya diterima dan bulan Juli 2012, saya pun terbang Kanada. Setelah menghabiskan kurang lebih 30 jam penerbangan yang sangat melelahkan melewati separuh bumi (transit di Hong Kong dan Vancouver) tibalah saya di kota Regina, provinsi Saskatchewan, yang berada dibagian barat Kanada, dimana suami saya menetap. Dan, disinilah kisah saya di Kanada bermula.........

TO BE CONTINUED

35 comments:

  1. Bagaimana kelanjutan ceritanya mbak? Jadi penasaran, saya cukup tertarik dengan yang satu ini :)

    ReplyDelete
  2. Hallo.

    Kenalkan nama saya Samuel. Saya saat ini sedang bersekolah di Inggris. Pacar saya saat ini orang Kanada dan asalnya dari Regina juga. Kurang lebih sebulan lalu saya sempat berkunjung di rumah dia di Regina di sekitar Wascana lake. Saya rencananya ingin pindah ke Kanada setelah selesai dari Inggris. Namun sampai saat ini masih bingung cara mendapatkan working visa. Apa mbak tahu caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Samuel! Terima kasih sudah mampir di blog saya. Sayangnya saya tidak punya pengalaman mengajukan aplikasi working visa karena saya PR melalui family sponsorship. Tapi informasinya bisa diperoleh disini: http://www.cic.gc.ca/english/work/
      Working visa ke Kanada untuk orang Indonesia harus diajukan melalui Canadian Embassy di Singapura: http://www.cic.gc.ca/english/information/offices/missions/singapore.asp

      Atau bisa juga dengan apply langsung melalui Provincial Nominee Program. Untuk Saskatchewan bisa lihat infonya disini: http://www.saskatchewan.ca/residents/moving-to-saskatchewan/immigrating-to-saskatchewan/saskatchewan-immigrant-nominee-program/apply-to-the-sinp
      Semoga membantu yaa.... Good luck!
      Klo berhasil, jangan lupa kasi kabar yaa klo sudah di Regina :)

      Delete
    2. Hi kaka saya punya banyak saudara dikanada, saya pgn tau gmn cara saudara saya disana bisa mensponsori saya dan syarat2 nya apa aja, kebetulan anggota keluarga saya disana opa oma semua, apa masih bisa mensponsori saya di umur pensiun mereka. Makasih

      Delete
  3. Hai mba. Terima kasih sdh share kehidupannya di kanada. Sy mau tanya2 tentang harga bahan baku untuk diolah apakah mahal atau tidak? Soalx insya allah suamiq mau kuliah kesana. Semoga berkenan membalasx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! terima kasih sudah mampir di blog saya. Harga bahan baku untuk apa nih? Bisa lebih spesifik? Thanks.

      Delete
  4. Kak mw nnya informasi ni kak.. kalau mau kerja disana lewat visa turis bisa g kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! terima kasih sudah mampir :)
      Kalau mau kerja dengan visa turis cuma boleh jadi volunteer. Silahkan lihat2 informasi tentang bekerja di Canada di link ini: http://www.cic.gc.ca/english/work/

      Delete
    2. visa student kak? Visa kerja nnti dpotong pajak kan ?

      Delete
    3. Semua harus bayar pajak klo nyari duit di Kanada :)

      Delete
  5. Saya ingin pindah kesana mbak ita lrn setiap ketahuan kalau saya lgbt saya lgsg dipecat tnpa kompromi mbak. Apa bisa mengajuan suaka krn saya lgbt mbak. Agar kehidupan saya lebih baik. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bilqis, terima kasih sudah mampir. I'm so sorry to hear about your experience. Di Kanada setahu saya ga ada diskriminasi lagi untuk lgbt. Klo suaka untuk lgbt saya tidak ada informasinya. Coba saja dengan jalur biasa, lewat express entry misalnya. http://www.cic.gc.ca/english/immigrate/skilled/index.asp
      Yang penting, Bilqis punya bahasa Inggris yg bisa di pakai buat komunikasi di Kanada, atau bahasa Perancis kalau memilih provinsi Quebec.

      Delete
  6. Hai mba ita

    Seneng baca cerita mba. Buat saya ada gambaran dikit sblm moving ke Canada.
    Saya berencana akan pindah kesana menyusul suami saya Yang Berkewarnegaraan Canada.

    Tapi saya mau tny dikit soal pengalaman mba urus visa.
    Saya bingung menentukan visa untuk saya dan anak saya. Apakah salah satu yng menjadi syarat utama mendapatkan visa adalah harus sudah pernah travelling ke negara lain (keluar indo)? Biaya dan dokumen apa yg harus saya siapkan mba? Brp lm prosesnya yg dulu mba waktu ngajuin visa?

    ReplyDelete
  7. Salam bahagia
    Mohon informasi,saya heri dapat tawaran kerja dari rs consruction ifrastructure sudah sampai egreement dan surat menyurat lewat email, iformasi dari company melalui H1B visa, mohon info tata cara pegajuan H1B visa nya

    Terimakasih
    Heri Priyanto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam,
      Pak Heri, Terima kasih sudah mampir di blog saya. H1B visa setahu saya adalah visa kerja untuk USA, bukan Kanada. Untuk informasi mengenai cara mendapatkan working visa di Kanada bisa kunjungi http://www.cic.gc.ca/english/work/

      Delete
  8. Ka, mau nanya donk kalo saya mau jadi permanen resident di kanada susah ga ya? Sekarang saya kuliah di ITB jurusan aerospace engineering dan kalo bisa mau lanjut kanada dan sekalian kerja di situ. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Christopher, terima kasih sudah mampir. Susah nggaknya tergantung usaha dan persyaratan yang harus dipenuhi. Semua informasi tentang imigrasi Kanada bisa dilihat di website resmi mereka, bukan sumber yg lain. http://www.cic.gc.ca/english/work/

      Delete
  9. halo mbak, saya sudah dapat visa kanada dengan category c-1 courtesy, seharusnya saya berangkat dengan rombongan minggu ini, tapi karena jadwal saya ada yg bentrok makanya saya tidak ikut rombongan, mohon info nya mbak apakah ada komunitas warga indonesia di kanada yg bisa bantu info ttg homestay dan tourism info lainnya, thks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah mampir. Boleh share kota tujuannya? Saya tidak punya informasi soal komunitas Indonesia di berbagai kota di Kanada, selain di kota tempat saya tinggal, Regina. Mungkin bisa hubungi Konjen RI di Vancouver atau Toronto, tergantung kota tujuan Anda.

      Delete
  10. halo mbak, saya mau nanya2 kebtulan pacar saya orang kanada tinggal di vancouver, saya berpikir unntuk pidah kesana tapi saya bingung untuk mencari pekerjaan disana. apakah disana ada tempat untuk orang indonesia mencari pekerjaan? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Lely, terima kasih sudah mampir. Klo untuk cari kerja harus punya izin tinggal di Kanada. Bisa lewat sponsor pasangan (menikah atau sudah tinggal bersama minimal setahun), atau coba apply di http://www.cic.gc.ca/english/immigrate/skilled/index.asp

      Delete
  11. Salam kenal mbak Ita, sy sedang dalam proses PR sponsorship,suami sy canadian tinggal di Prince Albert nanti sy tinggal disana dan sekarang sy msh di jakarta, ada komunitas orang indo di Saskatchewan mbak? Mbak disana ada kumpul dengan orang indo? Boleh minta WA mbak? Mbak bisa inbox ke FB sy hopely_abigail@yahoo.co.id, terimakasih mbak semoga kita bisa bertemu dan berteman disana, God bless

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak Yanti, terima kasih sudah mampir. Setahu saya tidak ada perkumpulan khusus org Indonesia di Saskatchewan. Saya tinggal di Regina dan jumlah org Indonesia bisa dihitung jari. Saya tidak punya FB jadi saya balas disini saja dan ke alamat email hopely_abigail@yahoo.co.id.

      Delete
  12. Hallo kak. InsyaAllah awal tahun depan aku menikah dengan orang ottawa. Nanti ketemun ya kak. Hehe klo aku udh disana :)

    ReplyDelete
  13. Halo mba ita, boleh ngobrol via email?

    Ini email saya..andreeputra@rocketmail.com

    Thanks
    Best regards

    ReplyDelete
  14. Halo, Mbak Ita..
    Saya mau tanya mbak, kalau kita ingin kerja ke Canada, apa harus apply work permit dulu? Atau bisa kita cari offering dari perusahaan disana, setelah itu baru apply visa?
    Apakah memungkinkan untuk mendapat sponsorship dari company nya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  15. Halo, mbak Ita, pacar saya org kanada, saya rencana mau masuk ke kanada utk bekerja, kira2 cara termudah utk dapat masuk ke kanada dan bekerja di sana gimana ya? Thanks

    ReplyDelete
  16. Halo mba' Ita, share pengalamannya dong...mbak Ita menikah di Indo atau di Canada, kalau menikah di Canada dengan visa apa? Kalo menikah di Indo, apakah setelah menikah ke Canada dengan PRV atau bagaimana?
    Terima kasih sebwlumnya

    ReplyDelete
  17. Halo mba, saya farhan , sekarang saya study di jepang, saya pengen jadi warga negara kanada, cara ngurusnya bagaimana dan dimana? Apakah di indonesia Ada Imigrasi kanada?

    ReplyDelete
  18. Terima kasih sudah bisa berbagi informasi ttg Kanada.
    Mungkin Pertanyaan saya agak berbeda Mba'.. Soalnya saya pingin berpetualang menjadi warga negara di Kanada dan menghabiskan sisa hidup saya di sana. Bagaimana cara dan alur saya untuk mewujudkannya?. Terima kasih dan Salam buat Keluarga. #JendaBangun

    ReplyDelete
  19. Hai mba. Saya ingin kerja dan migrasi ke canada. Saya sudah mencoba mencari info tapi terkendala dlm tawaran pekerjaan. Dan bisakah mba menjadi sponsorship saya dalam nominasi provinsi disaskethewan..?? Sebelumnya makasih

    ReplyDelete
  20. hai mba Ita, saya mau jalan2 kebelanda tahun 2020 mendatang, dan rencananya saya ingin langsung traveling ke canada..apakah bisa langsung dari belanda ke canada..apakah perlu mengurus visa karna beda negara..trmksih

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. hallo mba,, saya baru menikah dan ingin menetap dan mencari pekerjaan di canada,, saya lihat internet bnyak website untuk pendaftaran migrasi ke canada,, salah satunya ini https://www.immigtoronto.com/

    mohon infonya dong mba website yg resmi untuk mengurus atau mengajukan migrasi saya dan istri,,

    salam
    semoga mba sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Timmi! Selamat atas pernikahannya. Untuk berimigrasi ke Kanada, informasi yg resmi dari pemerintah ada di website ini: https://www.canada.ca/en/immigration-refugees-citizenship.html
      Hati2 dengan website yg menawarkan iming2 imigrasi mudah dan segera dapat pekerjaan. Di Kanada memang butuh banyak pekerja migran, tapi prosesnya ga simpel. Pendidikan dan pengalaman kerja kita ga relevan di Kanada.

      Delete